ESelain test TOEFL dan IELTS, ada alternatif yang bisa kamu ambil, yaitu PTE Academic. PTE atau Pearson Test of English Academic juga merupakan salah satu jenis test yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan bahasa Ingris seseorang.

Setara dengan test bahasa inggris lain umumnya seperti IELTS atau TOEFL, sertifikat PTE valid selama dua tahun dan bisa digunakan untuk keperluan belajar, bekerja atau mengurus permanent residen ke luar negri.

PTE adalah komputer based test, jadi proses test dan scoring systemnya semua menggunakan komputer. Sementara IELTS, proses testnya dilakukan secara manual atau paper-based dan untuk speaking ditest langsung oleh manusia. Selain itu, komposisi test di PTE lebih banyak di bagian Speaking dan Listening. Detail perbedaannya sebagai berikut:

 Jenis Listening Speaking Writing Reading
 PTE 45-60 menit 40 menit 40 menit 30-40 menit
 IELTS 40 menit 15 menit 60 menit 60 menit
 TOEFL 40-60 menit 20 menit 50 menit 60-100 menit

Buat orang yang tidak suka reading text yang terlalu panjang seperti di soal IELTS dan lebih nyaman di listening dan speaking, PTE adalah salah satu alternatif test kompetensi english yang menarik.Benefit lainya, Mayoritas orang bilang penilaian PTE lebih objective karena diuji oleh algoritma komputer. Berbeda dengan dengan IELTS yang di uji oleh manusia dan kebanyakan orang bilang penilaian IELTS lebih subjective.

Belajar PTE Academic

Ada tiga bagian yang diperlukan untuk mempelajari PTE Academic. 1. Materi Belajar (Learning Material), 2. Sumber Latihan (Practice Material), 3. Perangkat yang di perlukan untuk melatih PTE (Tools). Bila kamu mau ambil les atau kursus, tempat yang recommended adalah di ESC (English Solution Center). Silahkan kunjungi website www.englishsolutioncenter.com untuk info lebih detailnya.

Learning Material

Materi belajar bisa dalam bentuk Buku dan Video dari Youtube. Saya hanya kasi dua sumber belajar saja agar tidak over materi dan lebih fokus.

  • eBook: PTE Academic 79 plus. Buku ini mememberikan penjelasan yang to the point. Terdapat juga contoh soal dan jawaban, jadi bisa learning by example.
  • E2 PTE Academic Youtube Channel. Channel youtube ini di dibawakan oleh seorang warga negara Australia bernama Jay. Dia adalah seorang PTE expert / instruktur kursus PTE online dalam bentuk webinar. Hasil webinar nya di upload ke channel youtube. Dia mengajarkan sub-bagian PTE dengan detail, bisa satu jam lebih hanya untuk membahas satu sub bagian PTE, Speaking Read aloud atau Describe image contohnya. Detail materi video pembalajaran dari Jay bisa di lihat di bawah.

 

Speaking

 

Listening

 

Reading

 

Writing

Practice material

  • ptepractice.com, website practice material berbayar dari official Pearsonvue. Bayar $10 dapat practice material, Bayar $60 dapat practice material dan 2 scored mock test. Scored mock test bagus untuk mengetahui dimana level kita dan bagian mana yang harus di improve.
  • ptetutorials.com, Free practice material dan free unscored mock test melalui referal.
  • ptestudy.com, materi latihanya banyak tapi hasil testnya harus di cek manual dengan kunci jawaban.

Tools

  • dictation.io, speechnotes.co. Tools ini mendeteksi apa yang kita ucapkan lalu menterjemakannya ke Text. Berdasarkan text bisa dilihat apakah yang di ucapkan sesuai dengan apa yang di baca.
  • testbig.com, Website ini dapat menilai essay. Kita hanya perlu men-submit topik dan content essay, setelah itu system testbig akan melakukan penilaian essay. Selain itu kita juga bisa melihat essay yang sudah di submit orang dan nilai essay mereka. Dari situ kita bisa belajar dan meningkatkan kualitas Essay kita agar mendapat skor yang lebih baik.
  • spellcheckplus, tools yang di gunakan untuk mengecek grammar.

Tempat Lest PTE Academic

Segera kontak ESC | English Solution Center untuk les atau kursus PTE Academic, TOEFL atau IELTS. Kelebihan ESC dibanding tempat kursus lain, disini kamu bisa menyelesaikan les dalam waktu singkat: bisa dalam satu minggu, dua minggu atau satu bulan; tergantung urgensi kamu. Jadwal dan waktu lesnya juga fleksibel, tempatnya bisa di kantor ESC atau tutor bisa datang ke rumah.

Sumber: Adi Sembiring

816 total views, 26 views today