Meskipun membutuhkan modal yang sangat besar dan juga usaha lebih untuk merintis investasi dalam bentuk rumah kost, namun bisa dipastikan investasi dalam bentuk rumah kost adalah investasi yang sangat minim risiko kerugian. Ditambah lagi, setiap tahunnya pasti terdapat kenaikan harga dan kost-kostan akan senantiasa dicari oleh orang, terutama bagi perantau.

Selain itu, dengan adanya rumah kost, secara nggak langsung perekonomian daerah sekitarnya akan lebih maju, karena membuat bisnis yang lain seperti laundry, rumah makan, minimarket, dan masih banyak hal lainnya.

Meskipun begitu, dalam merintis atau mengembangkan investasi rumah kost, terdapat 5 hal yang kamu harus perhatikan agar keuntungan yang didapat menjanjikan. Apa sajakah itu?

1. Pilih lokasi yang strategis

Poin pertama dan juga yang paling penting ketika kamu akan memulai investasi dalam bentuk rumah kost adalah kamu harus memilih lokasi yang strategis. Semakin strategis lokasi yang kamu pilih, semakin banyak juga orang yang berminat untuk menempatinya. Berdasarkan riset dan pengalaman, lokasi paling strategis dan memungkinkan untuk kamu membangun rumah kost adalah kawasan sekitar universitas, perkantoran, atau daerah yang tidak jauh dari kawasan industri.

Saran tambahan bagi kamu yang ingin investasi rumah kost di daerah dekat kawasan industri, ada baiknya kamu jangan memilih area di dalam radius satu kilometer kawasan industri, karena asap pabrik membuat lingkungan menjadi tidak sehat. Percaya nggak percaya, faktor kesegaran udara menjadi salah satu poin yang diperhitungkan dalam memilih rumah kost, lho!

2. Kisaran harga

Selain lokasi, harga menjadi poin penting yang dipertimbangkan dalam mencari rumah kost. Dalam menentukan harga, kamu harus mengingat kembali target yang disasar. Apabila targetmu adalah mahasiswa perantau, kamu harus bisa menyesuaikan harganya dengan baik, karena sebagian besar mahasiswa perantau belum berpenghasilan dan masih mengandalkan uang kiriman orang tua. Jika target sasaranmu adalah pekerja kantoran, kamu bisa mematok harga agak lebih tinggi dibandingkan dengan anak mahasiswa.

3. Keamanan wilayah sekitar

Dalam memilih lokasi rumah kost, tingkat keamanan wilayah juga harus diperhatikan secara seksama. Usahakanlah supaya kamu mengenal daerah sekitar, apakah daerah tersebut aman untuk dihuni? Apakah aman jika penghuni kost pulang malam? Seringkah ada tindak kriminal di daerah tersebut seperti pencurian atau premanisme?

Permasalahan tersebut harus segera bisa kamu atasi. Salah satu caranya adalah dengan mencari rumah kost yang dekat dengan tempat tinggalmu, sehingga apabila terjadi sesuatu kamu bisa bertindak dengan cepat. Upayakan juga untuk mengenal RT dan RW sekeliling supaya saat terjadi sesuatu mereka bisa membantu dengan sigap.

4. Desain

Dalam mendesain kamar kost bagi calon penggunanya, pilihlah desain minimalis dan modern, hal ini akan menambah daya tarik rumah kostmu. Selain itu, jika target sasaranmu adalah mahasiswa, kondisikanlah kamar kost tersebut agar suasananya nyaman untuk belajar, bila perlu tambahkan meja dan kursi. Apabila target sasaranmu adalah pekerja kantoran, buatlah kamar kost tersebut senyaman mungkin untuk istirahat.

5. Fasilitas

Menurut saya, fasilitas dalam rumah kost adalah hal utama yang harus diperhatikan. Meskipun harga dan lokasi rumah kost tersebut terkesan baik, tetapi apabila fasilitas yang ditawarkan belum mencukupi kriteria para calon penghuni, hal itu dapat membuat calon penghuni urung menempati rumah kostmu.

Maka, bagi kamu yang berniat untuk berbisnis rumah kost, kamu harus menambahkan berbagai fasilitas seperti pendingin ruangan, wi-fi, cuci dan setrika, serta hal-hal lain yang mampu menambah poin plus rumah kostmu.

Sumber: Suara Tunaiku

147 total views, 1 views today